Informasi Smartphone & Gadget Terbaru, Tutorial, Tips & Trik Seputar Gadget, Android, Games, Apk.

Saturday, August 13, 2016

Inilah Cara Mengecek Samsung Asli Atau Palsu Yang Benar

Samsung merupakan nama sebuah merek perangkat smartphone yang sudah sangat terkenal. Merek yang satu ini seringkali menjadi sasaran para produsen produk ponsel replika untuk dibuat tiruannya. Ponsel ini memiliki bentuk yang menyerupai produk ponsel yang asli sehingga sangat sulit untuk dibedakan, terutama bagi kalangan pengguna yang masih awam.

Hal ini memang cukup mengkhawatirkan, apalagi saat ini sudah banyak menjamur berbagai produk ponsel tiruan atau replika made in China di pasaran. Namun meskipun begitu, ponsel replika tetap memiliki berbagai kekurangan jika dibanding dengan ponsel aslinya.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tutorial mengenai cara mengecek Samsung asli atau palsu yang benar. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar anda tidak mudah tertipu oleh penjual saat ingin membeli produk ponsel merek Samsung yang asli.

Untuk membedakan suatu ponsel itu asli atau palsu/replika tidak bisa hanya sekedar dilihat dari fotonya saja, namun diperlukan pengecekan yang lebih teliti secara fisik. Jadi bagi anda yang ingin membeli produk ponsel Samsung asli diharapkan untuk bisa datang ke tokonya agar bisa dilakukan pengecekan secara langsung. Namun untuk anda yang lebih suka berbelanja secara online, disarankan agar memilih toko online yang kredibel dan terpercaya. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali toko online aba-abal atau palsu di dunia maya yang siap untuk memakan korban bagi yang tidak hati-hati dan waspada.

Cara mengecek Samsung asli atau palsu/replika yang dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

1.    Dengan Membandingkan Harganya
Cara mengecek Samsung asli atau palsu yang pertama adalah dengan membandingkan harganya. Metode ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Pertama carilah informasi mengenai harga pasaran dari ponsel Samsung yang ingin anda beli. Jika anda ditawari ponsel dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran, maka anda perlu berhati-hati, karena bisa jadi itu adalah ponsel replika atau palsu.

Bahkan dengan ponsel yang memiliki harga yang sama sekalipun anda perlu juga untuk berhati-hati dan waspada, karena mungkin si penjual ponsel replika ingin mendapatkan untung yang lebih besar. Maka dari itu, anda dapat menggunakan cara mengecek Samsung asli atau palsu yang selanjutnya.

2.    Dengan Mengecek Nomor IMEI
Cara mengecek Samsung asli atau palsu yang selanjutnya adalah dengan mengecek nomor IMEI dari perangkat ponsel yang akan anda beli. IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) merupakan deretan nomor unik yang menjadi semacam identitas bagi sebuah perangkat ponsel. IMEI terdiri dari 15 digit angka, dan anda dapat mengetahuinya dengan mengetikkan kode *#06# pada ponsel tersebut.
Setelah nomor IMEI muncul di layar ponsel, selanjutnya anda bisa mencocokkannya dengan nomor IMEI yang tertera pada box kemasan ponsel tersebut. Jika sama, berarti ponsel tersebut adalah asli. Namun jika tidak sama, maka bisa dipastikan bahwa ponsel tersebut adalah palsu atau replika.

Anda juga bisa mencocokkan nomor IMEI dari suatu perangkat ponsel pada sebuah halaman website. Bila anda memiliki koneksi internet, silahkan buka website www.imei.info. Ketikkan nomor IMEI yang muncul pada layar ponsel yang akan anda beli pada halaman website tadi, lalu klik tanda Cek, dan setelah itu lihat hasilnya. Apabila website tadi menampilkan spesifikasi dari ponsel tersebut secara lengkap, berarti ponsel itu adalah asli. Metode ini merupakan cara yang lebih akurat daripada mencocokkan nomor IMEI pada box kardus kemasan.

3.    Dengan Melalui LCD TEST
Cara mengecek Samsung asli atau palsu yang ketiga adalah melalui LCD TEST. Anda dapat melakukannya dengan mengetikkan kode *#0*# pada perangkat ponsel Samsung yang ingin anda beli, dan selanjutnya lihat apa yang akan muncul pada layar ponsel tersebut. Jika tidak muncul apa-apa, berarti bisa dipastikan bahwa ponsel tersebut adalah replika atau palsu. Namun jika muncul seperti yang ada pada gambar di bawah ini, berarti ponsel tersebut adalah asli.

Anda bisa mencoba semua menu yang tersedia untuk mengetahui apakah dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
4.    Dengan Melihat Spesifikasi dari Ponsel
Ini merupakan metode terakhir dari beberapa cara mengecek Samsung asli atau tidak yang sebelumnya telah disebutkan di atas. Anda bisa mengetahui spesifikasi dari perangkat ponsel Samsung dengan mengetikkan kode *#*#4636#*#*. Apabila muncul spesifikasi lengkap dari ponsel tersebut, maka ponsel itu adalah asli. Namun jika tidak muncul apa-apa setelah anda mengetikkan kode tadi, maka sudah bisa ditebak bahwa ponsel Samsung tersebut adalah palsu atau replika.

Demikian tutorial mengenai cara mengecek Samsung asli atau palsu/replika yang benar. Perlu diingat bahwa jangan sampai anda membeli perangkat ponsel Samsung sebelum terlebih dahulu mengetahui informasi tentang cara mengecek Samsung asli yang telah dijelaskan di artikel ini. Terima kasih.

Inilah Cara Mengecek Samsung Asli Atau Palsu Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kopi Hirang

0 komentar:

Post a Comment